Aspartame menyebabkan pengerasan otak, diabetes, dan pengerasan sumsum tulang belakang

12 May

 

Beredar sejak: 2010
Kategori: email, broadcast, sms
Status: bohong

Saya terkejut, hoax lama ini muncul kembali:


Ikatan Dokter Indonesia (IDI), menginformasikan bahwa saat ini sdg ada wabah Pengerasan Otak (Kanker Otak), Diabetes dan Pengerasan Sumsum Tulang Belakang (Mematikan sumsum tulang belakang).
Untuk itu, hindarilah minuman sbb:
✓1. Extra Joss,
✓2. M-150,
✓3. Kopi SusuGelas (Granita),
✓4. Kiranti,
✓5. Krating Daeng,
✓6. Hemaviton,
✓7. Neo Hemaviton,
✓8. Marimas,
✓9. Segar Sari shachet,
✓10. Frutillo,
✓11. Pop Ice,
✓12. Segar Dingin Vit.C,
✓13. Okky Jelly Drink,
✓14. Inaco,
✓15. Gatorade,
✓16. Nabati,
✓17. Adem Sari,
✓18. Naturade Gold,
✓19. Aqua Splash Fruit.m

Karena ke-19 minuman tsb diatas mengandung ASPARTAME (lebih keras dr biang gula) racun yg menyebabkan diabetes, kanker otak, dan mematikan sumsum tulang.

Info: dr.H.Ismuhadi,MPH
Mohon di sebarkan, sayangi keluarga & orang2 yang kita cintai
indahnya berbagi ({})


 

Bahasan

Hoax ini beredar habis-habisan di tahun 2010 dengan varian lebih pendek beredar lewat sms. BPOM telah membantahnya, sehingga saya tidak banyak menyertakan link di sini.

http://www.pom.go.id/new/index.php/view/pers/62/Press-Release-Badan-Pengawas-Obat-dan-Makanan-Republik-Indonesia-tentang-Bantahan-atas-Berita-terkait-dengan-Keamanan-Aspartam.html 

Press Release Badan Pengawas Obat dan Makanan Republik Indonesia tentang Bantahan atas Berita terkait dengan Keamanan Aspartam

PRESS RELEASE 
BADAN PENGAWAS OBAT DAN MAKANAN REPUBLIK INDONESIA 
TENTANG 
BANTAHAN ATAS BERITA TERKAIT DENGAN KEAMANAN ASPARTAM 
Nomor: KH.00.01.1.0800 
Jakarta, 12 Februari 2010

Sehubungan dengan maraknya berita terkait dengan bahaya penggunaan Aspartam, Badan POM memandang perlu memberi penjelasan sebagai berikut:

  1. Sehubungan dengan adanya berita yang menyebar melalui pesan singkat/sms (short message service) mengenai bahaya penggunaan Aspartam yang disebutkan bersumber dari Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dengan ini diberitahukan bahwa sesuai dengan informasi dari Sekretaris Eksekutif � IDI bahwa IDI tidak pernah mengeluarkan pernyataan tentang hal tersebut.
  2. Aspartam dikategorikan aman berdasarkan Keputusan Codex stan 192-1995 Rev. 10 Tahun 2009. Codex Alimentarius Commision (CAC) adalah Lembaga Internasional yang ditetapkan FAO/WHO untuk melindungi kesehatan konsumen dan menjamin terjadinya perdagangan yang jujur.
  3. Dalam pengaturan Codex disebutkan bahwa Aspartam dapat digunakan untuk berbagai jenis makanan dan minuman antara lain minuman berbasis susu, permen, makanan dan minuman ringan.
  4. Penggunaan Aspartam dalam makanan dan minuman sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku, dapat digunakan dengan batas maksimum penggunaannya masing-masing.
  5. Dihimbau kepada masyarakat yang memerlukan informasi lebih lanjut, dapat menghubungi Unit Layanan Pengaduan Konsumen (ULPK) Badan POM dengan nomor telepon 021-4263333 dan 021-32199000 atau email ulpk@pom.go.id dan ulpkbadanpom@yahoo.com atau Layanan Informasi Konsumen di Balai Besar/Balai POM di seluruh Indonesia.

Demikian penjelasan ini kami sampaikan untuk dapat diketahui sebagaimana mestinya. 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: