Jakarta Tenggelam 27 Januari 2012

23 Jan

Kategori: Broadcast BBM, Email, Berita, Forum, hipotesis
Status: Parsial Benar

Tanggal. 26 – 27 Jan 2013 :
* Cap Go, Air Pasang
* BMG : nyatakan hujan terus

ANTISIPASI dari sekarang :
1. Beli Bahan Makanan ( Stok dirumah )
2. Mengungsi Ke tempat yg lebih Tinggi
3. Beli Aqua Galon
4. Siapkan Tong dengan air bersih
5. Barang2 berharga siapkan dlm 1 Tas

JAKARTA, KOMPAS.com – Seluruh warga DKI Jakarta diimbau untuk waspada datangnya banjir yang mungkin akan lebih besar dari 2007. Bahkan diprediksi, di medio 26-29 Januari 2013 banjir yang terjadi berpotensi “menenggelamkan” Ibukota Jakarta.

Pakar air dari Universitas Indonesia (UI) Firdaus Ali menjelaskan, curah hujan Jakarta diperkirakan akan terus meningkat, ditambah pada 27 Januari bulan akan berada di puncak purnama. Pada saat itu, air pasang di laut akan lebih tinggi sehingga tak dapat menampung air yang berasal dari daratan sehingga potensi banjir di Jakarta diprediksi akan melebihi banjir yang terjadi di 2007.

Waspada, khususnya di 27 Januari, karena air di darat sekecil apapun tak akan bisa mengalir ke lautan,” kata Firdaus, Kamis (17/1/2013).

Saat ditanya mengenai solusi terbaik menghadapi ancaman itu, Firdaus menjawab, pemerintah harus menjamin antisipasi evakuasi, ketersediaan logistik, dan obat-obatan. Menurutnya, sudah tak ada cukup waktu untuk menghindari banjir. “Tak ada yang bisa kita lakukan kecuali berdoa, meminta kemurahan Tuhan.

Benar atau tidak, tidak ada salahnya kita lebih hati-hati & waspada.

Mari berdoa bersama, banjir yang telah surut saat ini, tidak akan terulang lagi… Bersama-sama bertekad mulai detik ini akan menjaga kebersihan lingkungan, tidak membuang sampah lagi ke kali demi kebaikan semua makhluk.

( ~ _ ~ )
(“)(“)

BAHASAN

  • Sebagaimana dikonfirmasikan ke BMKG , BMKG hanya sepakat akan terjadi hujan deras pada akhir Januari 2013.
    (BMKG ya, bukan BMKG.. BMG berganti nama menjadi BMKG berdasarkan Peraturan Presiden No.61 tahun 2008).

BANTAHAN

Prediksi ini telah dibantah oleh Prof Dr Thomas Djamaluddin, Deputi Bidang Sains, Pengkajian dan Informasi Kedirgantaraan Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) .

Berikut kutipannya:

Data satelit cuaca menunjukkan Monsoon Index Australia yang menjadi penyebab utama berkumpulnya awan di sekitar Jakarta pada pertengahan Januari mulai melemah, demikian pula aktivitas pembentukan awan di Indonesia juga mulai tertekan. Dengan demikian, peluang untuk curah hujan kumulatif yang tinggi, semakin menurun, kata Thomas, di Jakarta, Minggu (20/1/2013).

“Berita yang menyebut 27 Januari Jakarta bisa tenggelam karena saat itu sedang purnama, agak seram. Tetapi tampaknya tidak terjadi,” katanya.

Ia menjelaskan efek bulan purnama memang akan meningkatkan pasang air laut karena gravitasi bulan-matahari bersatu, namun purnama adalah peristiwa biasa yang terjadi setiap bulan.

“Masalah akan timbul kalau puncak pasang itu bersamaan dengan curah hujan kumulatif yang tinggi di Jakarta dan sekitarnya, sehingga air tertahan di daratan. Tetapi karena diperkirakan tak ada curah hujan kumulatif yang tinggi pada 27 Januari seperti pertengahan Januari lalu, Jakarta diperkirakan akan normal-normal saja,” katanya.

Selengkapnya dapat dibaca di:

http://www.menkokesra.go.id/content/prediksi-jakarta-akan-tenggelam-pada-27-januari-tak-akan-terjadi

update: 28 Januari 2012
Staf Khusus Presiden Bidang Bantuan Sosial dan Bencana Andi Arief membantah kabar tersebut.
http://id.berita.yahoo.com/jakarta-akan-tenggelam-27-januari-bohong-belaka-065621045.html

Andi Arief adalah eks aktivis mahasiswa yang kerap diburu pemerintah Orba dan kemudian terjun ke bidang politik. Sebelumnya sempat menjabat sebagai salah satu komisaris Pt. Pos Indonesia. Kiprah selengkapnya ada di:
http://politik.news.viva.co.id/news/read/107492-andi_arief__dari_bawah_tanah_ke_istana

Verdict

Manimbang semua argumen di atas, hujan masih terus turun sepanjang Januari dan kemungkinan terjadi banjir lagi masih ada. Jadi bersiap-siap ya! Charge semua equipment, siapkan air dan bahan makanan. Hingga hari ini, 28 Januari, curah hujan masih tergolong aman. Semoga ke depannya tetap terkendali.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: