Bahaya bermain di kolam bola

27 Oct

Deskripsi: Hoax, email, broadcast

Beredar sejak: 1998, 200x.

Status: Bohong.

 

 

Isi:

 

Aku ingin memberikan informasi untuk kalian yang mempunyai putra/i balita, yang sering bermain di arena mainan anak-anak di mall, pasti untuk para ibu.Tau mandi bola (kecil-kecil) …Begini, minggu lalu teman saya pergi ke suatu mall di Jakarta, dan mengajak putri semata wayangnya yang berumur 4 th. Memang seumur anak itu senang sekali bila main mandi bola …

setelah pulang dari mall tersebut sorenya anak itu badannya panas sekali, dan malamnya dibawa ke dokter anak dan esok pagi panasnya tidak juga turun … dan siangnya anak itu meninggal dunia, ibu itu penasaran kenapa hanya karena panas semalam anak itu bisa meninggal dunia, dan akhirnya ibu itu menyuruh pihak rumah sakit untuk otopsi anaknya untuk mendapat kepastian penyebab kematian yang menurutnya tidak wajar itu. Stelah d otopsi akhirnya dokter memang melihat sesuatu yang tidak wajar di telapak kakinya ada luka seperti kena bisa ular … dan sepertinya racun ular tersebut sudah merambat lewat jalan darahnya.Dan esok harinya sang ibu beserta suami datang ke manager yang mengelola mall tersebut dan menceritakan pengalaman duka yang menimpa dirinya, dan meminta untuk membongkar bola-bola tersebut, namun sang manager tidak mau terima tuduhan tersebut …

tapi karena sang ibu mengancam akan menyebar-luaskan lewat koran, akhirnya dengan berat hati manager tersebut memenuhi permintaan itu … dan setelah dibongkar bola-bola tersebut ternyata memang benar ada ular-ular kecil (sejenis ular kawat) ada didasar kolam bola-bola …. Bisa kita bayangkan bola-bola yang jumlahnya ratusan mungkin juga ribuan yangtidak pernah dibersihkan apalagi dikuras (seperti kolam renang) dan biasanya lagi anak kecil sambil makan bermain bola-bola, nah, kemungkinan makanan yang jatuh dari mulutnya itu bisa jadi penyebab berkembang biak ular (kelabang, dll) yang mungkin tidak sedikit ….

 

 

 

Analisis:

 

  1. Email ini adalah saduran dari email berbahas Inggris yang muncul pertama kali tahun 1998, snakes in the ball pit. (http://urbanlegends.about.com/library/blsnakes.htm) Tempat kejadian tertulis Burger King, namun telah dibantah oleh BK.
  2. Ular kawat (Ramphotyphlops braminus), tidak hidup di Indonesia, namun ada di Negara lain di Asia seperti Singapura dan Thailand. Ular ini tidak berbahaya. (http://en.wikipedia.org/wiki/Ramphotyphlops_braminus)
  3. Variasi lain dari hoax ini adalah jarum di kolam bola, namun sejauh ini belum ada yang niat menerjemahkannya. :p

Jangan diteruskan ya😀

 

 

One Response to “Bahaya bermain di kolam bola”

  1. Wendell November 18, 2012 at 3:28 am #

    Wonderful article! This is the kind of information that
    should be shared across the internet. Shame on the
    search engines for no longer positioning this publish upper!
    Come on over and discuss with my website . Thank you =)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: